Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Hampir semua orang akan merasa kesal jika laptop yang mereka gunakan lemot. Terlebih lagi ketika kita sedang mengerjakan sesuatu, misalkan tugas kantor atau sekolah. Lebih parahnya lagi jika tugas tersebut harus diselesaikan dalam waktu dekat, mungkin ini akan menjadi masalah karena laptop yang kita andalkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut malah lemot.

Selain menghambat kita dalam mengerjakan tugas, laptop yang lemot juga mengganggu aktivitas lain seperti browsing maupun gaming. Pokoknya, laptop yang lemot sangat-sangat menjengkelkan!
Untuk mengatasi laptop lemot tersebut, anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya, setelah itu baru mencari solusi untuk mengatasinya.

1. Kapasitas RAM anda kecil

Semakin banyak program yang berjalan pada laptop anda, semakin banyak juga RAM yang dibutuhkan. RAM ini memiliki peranan paling utama dalam hal multitasking atau menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu.

Mengatasinya:                          
Jadi jika laptop anda lemot atau crash ketika menjalankan beberapa program secara bersamaan, anda harus menambahkan kapasitas RAM pada laptop anda menjadi lebih besar, agar proses multitasking maupun kinerja laptop jauh lebih cepat. 

2. Banyaknya program yang dijalankan dalam satu waktu (multitasking)


Seperti yang sudah admin katakan sebelumnya, salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot adalah berjalannya banyak program dalam satu waktu. Hal ini menyebabkan kerja komponen utama laptop, seperti processor dan RAM menjadi berat.

Mengatasinya:
Cobalah untuk menjalankan program satu per satu agar kerja processor maupun RAM menjadi lebih ringan. Jika anda terus memaksakan membuka banyak program dalam satu waktu, jangan salahkan jika laptop anda akan hang atau not responding. Berbeda lagi jika laptop anda memang memiliki spesifikasi yang tinggi, misal laptop dengan processor Intel Core i7 dan memiliki RAM 8GB, tentu hal ini tidak terlalu menjadi masalah. (tergantung juga dengan jenis aplikasi apa yang dijalankan)
3. Adanya virus atau malware pada laptop anda

Yang namanya virus, kerjaannya pasti merusak. Lebih menjengkelkannya lagi virus ini bisa menggandakan diri (mutasi) dan menjadi penyebab utama kinerja laptop menjadi lambat, Selain merusak data-data penting anda, virus ini juga dapat merusak file-file system yang menyebabkan laptop menjadi lelet dan hang.

Mengatasinya:
Gunakan antivirus handal untuk melindungi laptop anda dari virus/ malware. Pada dasarnya fungsi semua antivirus itu sama, melindungi laptop anda dari yang namanya virus. Tapi tidak semua antivirus dapat membendung serangan virus yang menjengkelkan ini.

Jika laptop anda terlanjur terinfeksi virus/ malware dan berbagai antivirus dari A sampai Z tidak dapat mengatasinya, saya sarankan segera lakukan install ulang windows anda. Sesudah itu, lakukan beberapa tips berikut ini untuk meminimalisir laptop anda terinfeksi virus :

- Update secara berkala (database) antivitus anda
Setiap harinya ‘mungkin’ akan ada virus baru yang tercipta. Misalkan database antivirus anda out to date, jika anda terinfeksi virus baru tersebut, antivirus anda tidak akan mengenalinya karena virus baru tersebut tidak terdapat pada database virus anda. Maka dari itu, penting bagi untuk selalu rutin memperbarui database antivirus anda.

- Jangan download sembarangan dari internet
Internet ini seperti “darah” pada tubuh manusia, yang merupakan media utama penyebaran virus. Jadi pastikan anda lebih bijaksana dan tidak sembarangan dalam mengunduh apapun dari internet.

- Jangan colokkan sembarang FD pada laptop anda
Maksudnya, jika anda mencolokkan FD yang terinfeksi virus pada laptop anda, besar kemungkinan laptop anda juga akan terinfeksi virus, Maka dari itu, ketika mencolokkan FD ke laptop anda, pastikan anda melakukan scanning terlebih dahulu pada flashdisk tersebut. Misalkan flashdisk tersebut terinfeksi virus, antivirus anda akan mengkarantina atau menghapus virus tersebut.

4. Anda menginstall/ menjalankan program yang ‘berat’

Disarankan Jangan memaksakan menjalanan program yang tidak sanggup laptop anda jalankan. Maksudnya begini, misalkan laptop anda mempunyai processor seperti gambar berikut ini


Anda ingin menginstall game atau aplikasi yang lumayan besar, tentu hal tersebut sangat memaksa. Karena setiap program maupun game itu memiliki minim spesifikasi sendiri-sendiri.

Mengatasinya:
Sebagai contoh, gambar dibawah ini merupakan spesifikasi dari game PES 2019

Minimum:
Requires a 64-bit processor and operating system
OS: Windows 7 SP1/8.1/10 – 64bit
Processor: Intel Core i5-3470 / AMD FX 4350
Memory: 4 GB RAM
Graphics: NVIDIA GTX 670 / AMD Radeon HD 7870 ( 2 GB VRAM )
DirectX: Version 11
Storage: 30 GB available space

Additional Notes: Resolution 1280 x 720

Intinya setiap anda mengistal aplikasi perhatikan dulu minumum spesifikasi komputer anda.

5. Banyaknya program yang berjalan di startup

Program-program pada startup akan otomatis berjalan saat laptop pertama kali dihidupkan (masuk pada dekstop windows). Semakin banyaknya program yang berjalan pada startup, semakin berat juga proses multitasking yang dijalankan laptop anda.

Mengatasinya:
Untuk mengatasi masalah ini, nonaktifkan program-program tidak diperlukan yang berjalan di startup. Ingat, program yang tidak diperlukan. Jangan sampai anda malah menonaktifkan program-program sistem atau driver yang akan menyebabkan laptop anda tidak berjalan semestinya atau crash.

6. Sudah Waktunya Instalasi Ulang

Jika kesembilan cara yang telah disebutkan diatas masih belum juga mengobati penyakit lemot pada laptop anda, maka opsi install ulang ini boleh anda coba. Untuk bagaimana cara melakukan install ulang pada laptop sudah pernah saya jelaskan sebelumnya, simak tutorialnya dibawah ini (pilih sistem operasi yang anda inginkan):

Baca Juga:
Panduan Cara Instalasi Windows 7
Panduan Cara Instalasi Windows 8 / 8.1
Panduan Cara Instalasi Windows 10

Semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang ingin anda tanyakan atau mungkin ada yang ingin anda sampaikan jangan lupa utuk berkomentar. 
salam ; anda luar biasa
Sumber : nesabamedia

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post