Cara Merubah FAT32 ke NTFS dan Sebaliknya Tanpa Kehilangan Data

Merubah drive tipe FAT32 ke NTFS atau sebaliknya NTFS ke FAT32 tanpa kehilangan data, Sebenarnya kita bisa merubahnya dengan memformat partisi, tapi itu akan menghilangkan semua data. Jika kamu ingin merubah FAT32 ke NTFS atau sebaliknya tanpa format, Dibawah ini admin  akan berikan tutorialnya, sebelum itu admin menjelaskan sedikit Kelebihan dan Kekurangan dari FAT32 dan NTFS. 

#FAT32

FAT32 punya kelebihan didukung hampir semua sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Namun, salah satu kekurangannya adalah kemampuan dalam menyimpan file, yaitu hanya mampu menyimpan file tunggal yang berukuran 4GB. Jadi tidak bisa menyimpan file yang berukuran lebih dari itu, misalnya file ISO installer OS All-In-One yang mencapai puluhan giga.   

#NTFS

Untuk NTFS, karena merupakan penyempurnaan dari FAT32, NTFS punya beberapa kelebihan dibanding FAT32. Seperti mendukung kapasitas yang lebih besar, mendukung enkripsi data untuk melindungi data, dan juga kompresi data untuk menghemat ruang penyimpanan. Namun kekurangan dari NTFS tidak didukung semua sistem operasi, saat ini hanya Windows yang mendukung sepenuhnya seperti “baca-tulis” pada file sistem tipe ini.

Langkah-langkahnya
Tapi, sebelum itu siapkan dulu hal berikut ini...

1. Download tool yang barnama AOMEI Ntfs2Fat32 dengan menekan tombol download di bawah ini

 ...Download...
Gambar Sebelum Dirubah


2. Install pada komputer kamu...

3. Buka/Jalankan tool AOMEI Ntfs2Fat32, maka akan tampil gambar seperti dibawah.


Disini kamu akan melihat tampilan dari tool AOMEI Ntfs2Fat32 beserta pilihan fungsi yang bisa kamu pilih. 
Ada 2 pilihan, yaitu:
- NTFS to FAT32 =  untuk untuk mengkonversi NTFS ke FAT32. 
- FAT32 to NTFS =  untuk mengkonversi FAT32 ke NTFS. 
Pilih saja sesuai keinginan, sebagai contoh saya akan memilih FAT32 to NTFS lalu setelah itu klik “Next”. Lalu akan muncul pilihan untuk memilih drive/partisi yang ingin di rubah...

4. Setekah memilih drive/partisi, silahkan klik tombol “Next”. Setelah itu akan muncul konfirmasi bahwa akan dirubah ke NTFS.


5. Tahap terakhir, klik tombol “Proceed”. Jika muncul pesan pertanyaan, pilih saja “Yes” dan silahkan tunggu proses konversi hingga muncul pesan lagi yang menandakan proses selesai dan berhasil...



6. Tunggu sampai prosesnya selesai. Finish


Gambar Sesudah di rubah


Selamat mencoba...

Silahkan berkomentar apabila Anda temui kekeliruan dalam artikel ini  guna untuk membangun pengetahuan bersama 👌😉. 

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post