Konfigurasi Mail Server di Debian 501 Lenny

E-mail merupakan aplikasi internet yang banyak digunakan saat ini untuk komunikasi dua arah. Selain karena kemudahan dalam penggunaannya juga karena kemurahan teknologi yang ditawarankan oleh email ini. E-mail singkatan dari electronic mail juga dapat dianalogikan dengan pengiriman surat yang lazim digunakan saat ini melalui kantor pos, atau melalui jasa pengirim surat atau barang. Pengiriman e-mail dilakukan melalui perangkat elektronik seperti komputer atau HP/PDA. Proses pengiriman/penerimaan e-mail melibatkan protokol Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) dan Post Office Protocol version 3 (POP3). 

Protokol SMTP bertugas untuk proses pengiriman mail (outgoing mail) dan POP3 bertugas untuk proses penerimaan email (Incoming mail). Jika User atau pemilik e-mail tidak sedang aktif/offline untuk pengaksesan email, maka e-mail yang tertuju kepadanya akan ditampung sementara oleh server email sampai pemilik email tersebut mengaksesnya. Hal ini bisa terjadi karena adanya protokol POP3. Proses pengiriman e-mail secara detail dapat dilihat pada gambar berikut yang melibatkan beberapa komponen server seperti DNS server, mail server meliputi SMTP server, Mail Transfer Agent (MTA), dan POP3 server. 

Untuk membangun mail server dan webmail dapat menggunakan beberapa koponen sebagai berikut. MTA : postfix, Qmail dan Sendmail. POP3/IMAP server: dovecot, couirier, UW-IMAP Webmail : squirrelmail Konfigurasi Untuk membangun sebuah mail server dan web mail server, aplikasi-aplikasi yang di install diantara’nya.., (masih dalam DVD binary 1) Postfix (MTA), Dovecot-imapd courier-imap & courier-pop (imap/pop3) dan Squirrelmail (webmail).

Untuk lebih lengkap contoh laporan magang bisa di lihat seabagai berikut



Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentarnya.

by : admin

1 Comments

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih

Post a Comment

Previous Post Next Post